Senin, 13 Desember 2010

Yuk' Menyibukan diri dengan Membaca Al-Qur'an

Bismillahi InnaAlhamdulillah, Allahumma shali a'la muhammad.......


Allah Subhanahu wa ta'ala telah menjelaskan bahwasanya Al-Qur'an adalah sumber hidayah,
barang siapa yg membaca Al-Qur'an,berpegang teguh pada Al-Qur'an,dalam membacanya,mendengarnya,mengamalkannya dan mentadaburinya,maka ia takan tersesat dan ia tidak akan menjadi orang yg sengsara....


Al-Qur'annul karim adalah Qalamullah yg siapa saja yg menyibukan diri dengan qalamullah maka dia akan mendapatkan kebaikan-kebaikan dan keberkahan-keberkahan dalam artian tambahan kebaikan dari Allah Tabaraka wa ta'ala,
Sebagaimana di tegaskan oleh para ulama dalam perkataan mereka;
"Kami menyibukan diri dengan kitab ini(Al-quran),maka kami di taburi dan di terpa segala bentuk keberkahan dan kebaikan"

Allah Tabaraka wa ta'ala telah mensifati Al-Quran dengan kata Al-Barkah,
sebagaimana firman-Nya:
"Ini adalah kitab yg kami turunkan kepadamu yg penuh dengan keberkahan...."
(QS.Shaad: 29)

maka jika sebuah keluarga atau negara dan umat ini yg menginginkan kebaikan dan keberkahan maka tidak ada jalan lain kecuali kembali kepada kitab Al-Qurannul karim,


Telah datang sebuah hadist dari Imam Tirmidzi,Hakim dan lainnya dari jalan Utsman bin affan radiallah hu'anhu,bahwasannya Nabi besar Muhammad Shalallahu'alahi wa sallam menyanjung orang-orang yg menyibukan diri dengan belajar dan mengajarkan Al-Quran.beliau bersabda:
"Sebaik-baik kalian adalah yg belajar Al-Quran dan mengajarkannya"

hadist ini juga menerangkan bahwa TIDAK ada kebaikan bagi orang yg enggan untuk belajar Al-Quran dan TIDAK ada kebaikan bagi seseorang yg memiliki kemampuan untuk mengajarkan Al-Quran tapi dia tidak mengajarkannya.

Pembaca yg baik,kalau kita di tanya; siapa yg tidak menginginkan keutamaan kebaikan, ?pasti kita semua menginginkannya ,
Apabila ada seseorang yg tidak menginginkan keutamaan kebaikan,maka ada sesuatu dengan akalnya.

Dari Abi Umammah,Nabi Muhammad Shalallahu'alahi wa sallam bersabda:
"Bacalah Al-Quran karena kelak ia akan datang di hari kiamat sebagai safaat/penolong bagi siapa yg membacanya"
(HR.Muslim)

Dalam hal ini,bukan nyanyian-nyanyian atau musik-musik yg kita dengarkan, yg kita lantunkan setiap hari atau bahkan setiap detik yg akan menjadi safaat di hari kiamat,melainkan Al-Quran lah yg akan datang menjadi safaat kelak di hari kiamat.

Dengan membaca dan menyibukan diri dengan kitabullah kita akan mendapatkan keutamaan yg besar, sebagaimana hadist Nabi Shalallahu'alahi wa sallam,
Dari Ibnu Mas'ud Radhiallahhu an'hu nabi besabda:
"Barang siapa yg membaca satu huruf dari kitabullah,maka dia akan mendapatkan satu kebaikan dan setiap satu kebaikan itu di lipat gandakan oleh Allah menjadi sepuluh kali lipat, Aku tidak mengatakan Alif'lam'mim itu satu huruf,melainkan Alif satu huruf,Lam satu huruf dan Mim satu huruf"
(HR.Tirmidzi)

Pembaca yg budiman, Betapa besarnya keutamaan membaca dan mempelajari Al-Quran,bahkan jika kita menyebut kata'(maaf); Anjing di dalam membaca Al-Quran, itu mendapat nilai pahala di sisi Allah Subhanahu wa ta'ala.

Bayangkan, kata Anjing yg bila mana kita sebutkan kepada saudara,teman atau musuh kita untuk mencela,maka kita akan berdosa,tapi menyebut kata anjing ketika membaca Al-Quran,itu malah mendapat pahala.
Sebagaimana Allah Subhanahu wa ta'ala menyebutkan kata anjing di dalam surat Al-Araaf ayat 176 dan surat Al-Kahfi ayat 18 dan 22.

Pantaslah kalau begitu Nabi muhammad Shalallahu'alahi wa sallam sabdakan dari Jalan Sahabat Ibnu Abbas Radhiallahu an'hu,bahwasannya;
"Sesungguhnya orang yg di dalam tenggorokannya tidak ada sesuatupun dari Al-Quran, maka itu seperti rumah yg hancur lebur"
(HR.Tirmidzi,Hakim,Ahmad)

maksudnya adalah seseorang yg tidak pernah basah lidahnya,tidak pernah terucap dari tenggorokanya ayat-ayat Allah Subhanahu wa ta'ala maka persis seperti rumah yg hancur.

Padahal jika setiap hati kita Suci,Bersih maka kita tidak akan merasa kenyang untuk membaca Al-Quran,kita tidak akan puas dari membaca kitabullah.
Sebagaimana perkataan sahabat Utsman bin Affan Radhiallahu an'hu;

"Demi Allah, kalau hati kita suci ,bersih maka kita tidak akan merasa bosan,tidak akan merasa puas untuk membaca dan mempelajari Al-Qur'an"

juga dari sahabat Ibnu Mas'ud Radhiallahu an'hu,beliau berkata dengan perkataanya yg masyhur;

"Cari lah hatimu di tiga tempat/momen, yaitu ketika mendengarkan lantunan Al-Qur'an, Ketika di majelis dzikir/Ilmu, dan Di saat-saat sedang menyendiri. Jika tidak di temukan di tiga tempat/momen tersebut maka mohonlah kepada Allah Subhanahu wa ta'ala agar Allah Subhanahu wa ta'ala mengaruniakan kepadamu hati, karena sesungguhnya engkau tidak memiliki hati."



Sambungan di post berikutnya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar